IDUL FITRI 2020

Admin Sabtu, 23/05/2020 Umum 85 hits


Idul fitri, hari yang sangat dinanti-nanti. Wujud rasa syukur umat islam atas kemenangan setelah melaksanakan sebulan penuh puasa ramadhan. Akan tetapi, momentum 1 syawal tahun ini menjadi berbeda setelah wabah covid-19 membuat kita terpaksa menjalankan aktivitas dengan segala aturan dan pembatasan. Silaturahmi yang biasanya identik dengan momen lebaran juga akan berubah. Tak ada lagi kunjungan ke kerabat dan handai taulan, serta tak ada lagi salam-salaman yang biasanya dianggap sebagai simbol bermaaf-maafan.

Namun lebih dari itu, puncak dari segala kemenangan di akhir Ramadhan adalah semakin meningkatnya ketakwaan kita kepada sang pencipta. Sehingga, Idul Fitri ditengah pandemi ini harusnya justru menjadi momentum bagi umat Islam untuk menunjukkan karakter takwa yang sesungguhnya. Karakter takwa yang muncul dalam bentuk kesalehan sosial yang merupakan ekspresi dari kepatuhan menjalankan ajaran islam seutuhnya, diantaranya adalah semakin besarnya rasa kasih sayang terhadap sesama manusia, meningkatkan empati, dan mempertebal kepedulian kepada sesama umat manusia. Inilah yang disebut dengan Islam adalah rahmat bagi semesta.

Selain itu, pandemi Covid-19 ini harus mampu menjadikan pribadi muslim untuk menjalani hidup sesuai nilai dan etika sosial yang diajarkan agama. Saling menolong, gotong royong, silaturahmi dalam arti mengenal lebih dekat kesulitan saudara-saudara kita, serta saling menguatkan dan memberi dukungan terhadap sesama. Inilah momentum untuk menghadirkan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Wabah ini harus mentransformasi kesadaran kita bahwa di luar takdir (kehendak) Allah untuk menguji hamba-Nya, melalui wabah ini Allah SWT ingin agar kita mengukuhkan kebersamaan serta memperkuat persatuan dan kesatuan untuk menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan.

Setiap muslim yang lulus dari madrasah Ramadhan harus benar-benar menjadi pribadi yang bersih (suci) dan saleh. Kuat iman dan kepribadiannya, bersih hati dan pikirannya, halus budi pekertinya, serta tumbuh kepeduliannya kepada sesama terutama pada kaum duafa. Itu semua buah dari ketakwaan yang diraih selama Ramadhan dan dipraktikkan dengan istikomah pasca-Ramadhan.

Akhirnya, kami ucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hirjyah / 2020 Masehi.

Salam hangat dari kami civitas akademika kampus diujung timur negeri.

Merauke, 1 Syawal 1441 Hijryah / 24 Mei 2020

: tanpa label

Info! Data tidak atau belum tersedia.

Jajak Pendapat

Apakah tampilan web ini sudah sangat bagus?

Kolom Dosen