A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: inc/meta.php

Line Number: 14

Backtrace:

File: /home/stiakd10/public_html/application/views/template/stiakdmerauke17/inc/meta.php
Line: 14
Function: _error_handler

File: /home/stiakd10/public_html/application/views/template/stiakdmerauke17/inc/header.php
Line: 7
Function: require

File: /home/stiakd10/public_html/application/controllers/Post.php
Line: 12
Function: view

File: /home/stiakd10/public_html/index.php
Line: 292
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: inc/meta.php

Line Number: 15

Backtrace:

File: /home/stiakd10/public_html/application/views/template/stiakdmerauke17/inc/meta.php
Line: 15
Function: _error_handler

File: /home/stiakd10/public_html/application/views/template/stiakdmerauke17/inc/header.php
Line: 7
Function: require

File: /home/stiakd10/public_html/application/controllers/Post.php
Line: 12
Function: view

File: /home/stiakd10/public_html/index.php
Line: 292
Function: require_once

- Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Karya Dharma Merauke | stiakdmerauke.ac.id

MENUJU PERGURUAN TINGGI SWASTA MANDIRI, BERMUTU DAN SEJAHTERA.

Admin Rabu, 29/08/2018 Utama 41 hits

Sebuah Catatan Harian Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat


Apa indikator dari keberhasilan PTS menjadi MANDIRI?

→ Ini dapat terlihat secara fisik melalui aktifitas-aktiftas setiap tenaga akademik, dan kependidikan yang melaksanakan tugas-tugasnya selama jam-jam kerja yang telah ditetapkan manajemen PTS.

→ Tugas-tugas yang diselesaikan itu  tidak hanya melaksanakan rutinitas harian  saja tetapi lebih dari pada itu ada pekerjaan atau hal lain juga yang dapat dikerjakan sebagai bentuk-bentuk kreatifitas-kreatifitas baru dari setiap staf dalam rangka meningkatkan performance kerja dan juga kualitas kinerja serta kualitas produk yang dihasilkan.
Intinya adalah bahwa setiap  dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswaterlihat aktif dalam berbagai keberadaan mereka baik di dalam dan di luar kelas/kampus.

Kemandirian itu tampak ketika staf tidak perlu diingatkan berulang-ulang bahkan sampai ditegur tentang apa yang haru dilakukan dalam kapasitasnya sebagai seorang dosen atau tenaga administrasi kependidikan di PTSnya.

Kemandirian itu Nampak ketika staf dapat memecahkan masalah-masalahnya sendiri atau berupaya mencari alternative pemecahan masalah yang dihadapi dengan aktif/berinisiatif untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak yang berkaitan langsung atau berkepentingan dengan masalah yang diselesaikan .

Kemandirian artinya tahu dengan jelas dan pasti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab utamanya dan dapat melakukannya  dengan sempurna.

Kemandirian dapat diukur dan dinilai apakah telah berfungsi sebagaimana mestinya atau masih diperlukan penguatan. Penguatan dalam hal peningkatan kualita staf atau disiplin kerja staf (motivasi bekerja staf) perlu untuk “diganggu” alam sadar berpikirnya agar berfungsi NORMAL sebagaimana mestinya”.

Mandiri berarti mampu mengendalikan emosi dan dapat mengedepankan penyelesaian segala persoalan dengan kepala dingin. Mandiri berarti bekerja tanpa unsur paksaan, sogokan, suap, dan lain lain atau dengan cara-cara yang tidak terpuji.
 
 
Bermutu?  Apakah itu?

→ Kehadiran bekerja sesuai dengan jam kerja kantor, tidak terlambat, tidak pulang lebih awal.

→ Ada pemberitahuan-pemberitahuan tertulis seawal mungkin dengan alasan yang dapat dipertangguang jawabkan kepada atasan bila merencanakan untuk tidak masuk kantor.

→ Waktu kerja yang tersedia digunakan seefisien dan seefektif mungkin dengan target penyelesaian pekerjaan tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran.

→ TUPOKSI dilaksanakan dengan baik dan sempurna.

→ Hasil kerja memuaskan karena memenuhi standar yang diharapkan atau bahkan melampaui standar yang telah ditetapkan.

Berbicara tetang Standar Mutu

→ Hal yang perlu segera dievaluasi atau ditinjau kembali adalah sebuah model pemantauan mutu kinerja yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti.

→ Apakah sudah ada standar-standar mutu kerja PTS? Cek dan pastikan ini ada.

Hal ini penting karena visi PTS harus bisa diukur realisasinya lewat perangkat-perangkat standar mutu yang telah ditetapkan

Mutu adalah dari diri anda sendiri.

Apapun yang anda lakukan selama bekerja di PTS anda terlihat dengan sangat-sangat jelas. Dengan sangat mudah dapat disimpulkan sesegera anda menyelesaikan atau tidak menyelesaikan sesuatu yang telah ditetapkan menjadi tugas dan tanggung jawab anda.

Mutu yang hendak saya lihat di PTS Wilayah XIV Papua dan Papua Barat adalah:

→ Mutu kinerja administratif
→ Mutu kinerja akademik
→ Mutu output administrasi dan akademik
→ Mutu lulusan
→ Mutu hasil-hasil penelitian dan publikasi hasil-hasil peneltian
→ Peringkat PTS yang terus meningkat dari waktu ke waktu.
→ Mutu meningkat dibuktikan dengan pengetahuan seluruh anggota civitas akademik PTS dan bukti-bukti fisik yang mendukung.

Sejahtera? Kesejahteraan apa saja yang ingin dilihat?

→ Setiap staf merasa sangat bahagia dan puas melaksanakan tugas-tugasnya dengan penuh sukacita.

→ Ada kegembiraan yang terpancar diwajah-wajah mereka dalam keseharian mereka.

→ Perasaan betah melaksanakan tugas dan pekerjaannya tanpa perasaan dipaksa-paksa tetapi karena kesadaran bahwa apa yang dilakukannya sangat berarti bagi dirinya sendiri dan bagi sesamanya, bagi institusinya, bagi kotanya, bagi tanah airnya dan bagi dunia.

Kesejahteraan artinya bahwa seseorang sangat senang melaksanakan tugasnya dan ingin menghabiskan hidupnya selama-lamanya untuk melaksanakan hal-hal/pekerjaan menjadi pilihan hidupnya.

Pertannyaannya adalah:
Apakah setiap staf PTS anda menyukai pekerjaannya?

Apakah setiap staf menyala-nyala semangatnya ketika akan melaksanakan pekerjaan yang sangat dicintainya?

Apakah setiap staf merindukan melakukan melakukan yang terbaik dalam tugas dan tanggug jawabnya?

Bagaimana menyalakan semangat itu?

Semangat yang telah menyala-nyala agar terus terbakar?

Bagaimana memulainya?

Strategi apa yang perlu dibangun untuk membangun semangat bekerja setiap karyawan PTS?
 
Kunci kemajuan PTS terletak pada semangat kerja civitas akademika yang menyala-nyala. Kalau setiap staf PTS yang bekerja di PTS anda mencintai pekerjaannya dan merasa bahagia melaksanakannya maka keberhasilan itu telah lahir dan sedang  mewujudkan dirinya ke dalam realitas dunia nyata.
 
Bila PTS memiliki dana ingatlah selalu bahwa dana tidak selalu harus diperuntukkan untuk pembangunan Fisik tetapi untuk pengembangan berbagai program-program Non-Fisik di PTS.

Inilah kesempatan anda untuk membangun “Bangunan Kesejahteraan di PTS anda” yang telah lama dinantikan.

Ingat-ingat dan Ingat bahwa kesempatan ini harus dirancang sedemikian rupa agar “Bangunan/Gedung Kesejahteraan” itu dapat dirancang sebaik-baiknya untuk  diwujudkan dalam waktu atau kesempatan saudara memimpin 1-4 tahun ke depan. Dan bahwa waktu 4 tahun kepemimpinansaudara/i akan menjadi waktu membangun “Semangatnya” PTS anda.  Waktu kebangkitan semangat baru untuk membangun PTS anda yang lebih baik dari sekarang ke depan. Waktu untuk menunjukkan bahwa dengan “Sedikit dana” saudara memiliki satu “Kesempatan Besar” untuk mengembangkan sayap dan membangun kekuatan mahadasyat dalam diri PTS saudara untuk melangkah maju dengan penuh kepastian.

Untuk kesempatan ini jangan saudara lengah, lalai dan salah.

Ingat-ingat dan ingat bahwa ASSET Terbesar PTS saat ini adalah STAFF - STAF – STAF dan STAF yang perlu dibangun semangatnya . Dalam  tema ini saudara akan merancang/merencanakan penggunaan dana yang telah dan akan diperoleh dari masyarakat, pemerintah atau dari mitra-mitra kerja yang peduli akan peningkatan kualitas SDM berpendidikan tinggi untuk waktu kepemimpinan saudara ke depan.

Thank you God! This is a Wonderful and great time that you’ve granted free of charge for all the leaders of private universities and colleges in Papua  and West Papua provinces to establish what they have been longing for a long and a very long time. I pray that they will use this time wisely to create and manifest the “welfare building” of their institutions.  May this opportunity be a great time to glorify Your Name, in the name of Christ the Lord Amen!
 
Yogyakarta, Time: 07.58 am.  
Suriel Mofu


 


: tanpa label